Minggu, 14 November 2010

CONTOH CARA MELAKUKAN PENJUALAN TANAH , RUMAH , PROPERTY .

Menjual Property :

Menjual Property ( tanah, rumah & gedung ) adalah penjualan yang menghasilkan fee besar karena minimal harga property diatas 100 JUTA .

Menjual Tanah :

Apabila telah mendapat tanah yang akan dijual, maka langkah – langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Buat Komitmen Fee dengan pemilik tanah apabila tanah tersebut milik orang lain, hal ini sangat penting supaya Hak kita sebagai pemasar tidak hilang.
2. Check surat-surat atas tanah tersebut ; Luas, Hak Milik, Hak Guna bangunan, sawah, pekarangan, dll.
3. Buat Peta situasi atas lokasi tanah tersebut dari pusat-pusat keramaian sampai kelokasi.
4. Check peruntukan tanah tersebut di BPN/Pemda setempat apakah untuk :tetap sebagai areal persawahan / lahan hijau,perumahan, kawasan industri.
5. Setelah mengetahui peruntukannya, misal boleh untuk kawasan perumahan, maka buat rencana site Plan sehingga dapat diketahui akan jadi berapa rumah kalau dilokasi tersebut didirikan rumah.
6. Kalau perlu buat analisa untung ruginya apabila lokasi tersebut dijadikan perumahan.

Menjualkan / menawarkan tanah adalah seperti menjualkan harapan kepada calon pembeli, oleh karena itu pemasar harus membawa imajinasi calon pembeli pada hal-hal yang belum terwujud secara nyata, minimal dengan membawa assumsi keuntungan sudah sedikit ada gambaran bagi calon pembeli.

Menjual Rumah :

Menjualkan rumah perorangan / Developer pada prinsipnya hampir sama dengan menjual tanah hanya ada tambahan :

1. Ijin Mendirikan Bangunan
2. Type dan luas bangunan
3. Sudah berap lama dipakai
4. Jumlah kamar ada berapa
5. Dll.


Rumah yang ditawarkan Developer biasanya hanya menyediakan rumah contoh sebagai alat Bantu promosi, selebihnya adalah keterampilan tenaga pemasar untuk sampai terjadinya penjualan dengan sistim pesan bangun, biasanya kebijakan Developer tampak muka rumah adalah harus sama dengan yang lainnya, tetapi untuk bagian dalam biasanya bebas sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.


Sedangkan untuk menjual rumah siap huni permasalahannya tidak sepelik menjual rumah pesan bangun, karena pemasar menjual apa adanya rumah tersebut dengan harga yang telah ditentukan /fleksibel.

Dalam menjual rumah daik dari Developer maupun perorangan, pemasar harus memahami dan mengetahui keadaan lingkungan sekitar perumahan atau rumah yang akan dipasarkan karena hal itu akan dijadikan sebagai referensi oleh calon pembeli.

Bagaimana cara menjual rumah ?

Perlu diketahui oleh calon pemasar yang hendak belajar memasarkan rumah bahwa menjual rumah tidak seperti menjual produk lain seperti barang elektronik dan kendaraan misalnya dimana apabila sudah ditest suara bentuk dan kenyamannanya dapat langsung dibeli dan dibawa pulang.Untuk men-deal -kan penjualan rumah diperlukan waktu yang cukup panjang, hal ini disebabkan karena calon pembeli akan mempelajari dulu berbagai hal diantaranya :

1. Apakah harga yang ditawarkan cocok dengan kemampuan mereka ?
2. Apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas yang ada ?
3. Apakah perijinan sudah lengkap ?
4. Apakah lingkungan sesuai dengan strata sosial mereka ?
5. Dll

Kaitannya dengan pertimbangan-pertimbangan calon pembeli tersebut diatas maka pemasar harus mengetahui terlebih dahulu permasalahan tersebut supaya memperpendek waktu menuju closing penjualan.

Pemasar harus mengetahui terlebih dahulu untuk strata sosial mana rumah yang akan kita tawarkan agar pemasaran menjadi lebih efektif.

Bagaimana cara mendapatkan data calon pembeli ?

Karena harga rumah rata – rata diatas 150 jt-an , maka pangsa pasarnya sudah tentu adalah dari golongan menengah keatas, untuk menyaring calon pembeli maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh antara lain :

1. Iklan kolom / baris di Surat Kabar lokal / nasional
2. Membuat brosur / selebaran
3. Pameran Di Mall atau pusat-pusat keramaian
4. Meminta referensi dari teman atau relasi
5. Membuat penawaran secara langsung ke alamat calon pembeli
6. Dll.


Apabila konsumen serius membutuhkan rumah/tertarik dengan apa yang kita tawarkan dengan cara menghubungi kita berarti kita sudah mendapat calon pembeli, tahap berikutnya adalah layani pertanyaan dan permintaan mereka dengan baik dan professional dan jalin komunikasi secara intens dan secara pribadi.Dalam komunikasi dengan mereka baik secara langsung / tidak langsung usahakan gali informasi lebih dalam tentang calon konsumen tersebut, hal ini selain untuk memperlengkap data juga untuk bahan pembicaraan lebih lanjut diluar rumah yang kita tawarkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar