Minggu, 14 November 2010

Cara keren bisnis jual-beli tanah

Pembicaraan tentang bisnis adalah pembicaraan yang tidak akan pernah selesai dibicarakan, karena lahan bisnis selalu berkembang, keuntungannya menggiurkan, juga  strateginya pun selalu ada yang baru.
Salah satu lahan bisnis yang sedang dilirik banyak orang saat ini adalah bisnis jual tanah. Banyak alasan kenapa beberapa orang memilih jual tanah sebagai lahan bisnisnya, karena selain harga tanah yang selalu meningkat cepat, juga karena banyak orang yang membutuhkan. Baik itu digunakan untuk membangun rumah, pertokoan, ataupun untuk membangun komplek perumahan.
Jual Beli Tanah
Bisnis ini kelihatannya sulit dilakukan oleh para pebisnis pemula yang menginginkan keuntungan yang besar, sebab bisnis jual tanah ini tidak seperti menjual pulsa dan makanan yang hari itu juga bisa segera dinikmati keuntungannya.
Bisnis jual tanah kadang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menarik si pembeli untuk membeli tanahnya. Tentu di sini kesabaran si pebisnis jual tanah diuji.
Selain itu, ketersediaan modal yang cukup besar juga menjadi hal yang mutlak harus dimiliki oleh pebisnis jual tanah. Cara yang biasa dilakukan oleh pebisnis jual tanah adalah membeli tanah dari seseorang untuk kemudian dijual lagi dengan harga tanah yang lebih tinggi. Tentu tidak semua pemilik tanah rela untuk melepas tanahnya begitu saja dengan harga yang murah.
Para pebisnis jual tanah haruslah kreatif mencari tanah yang murah namun berpotensi. Harga tanah tersebut akan naik jika dijual lagi. Beberapa jenis tanah berikut ini yang biasa dijual murah:

  • Tanah angker dan dianggap membawa kesialan. Bagi para pebisnis, keangkeran bukanlah hambatan yang besar, oleh sebab itu membeli tanah yang angker tentu menjadi pilihan yang baik dan cerdas, sebab selain harganya yang murah, juga tanahnya biasanya subur dan asri.
  • Tanah Jual Butuh. Orang-orang seringkali memilih untuk menjual tanahnya karena ada kebutuhan yang mendesak. Tanah tersebut biasanya ditawarkan dengan harga tanah yang murah. Hal ini tentu peluang bagus bagi para pebisnis jual tanah. Dengan demikian, bagi para pebisnis jual tanah, silaturahim adalah kegiatan yang wajib dilakukan, sebab dari sanalah pebisnis mengetahui ada tanah yang dijual butuh.
 
Walau begitu, pebisnis jual tanah harus hati-hati dalam membeli tanah, sebab banyak sekali harga tanah yang murah namun berpotensi merugikan si pebisnis saat menjual kembali tanah tersebut.
Tanah yang harus dihindari oleh si pebisnis jual tanah adalah tanah yang sedang dalam konflik. Tanah tersebut memang murah, tapi rawan gugatan. Tentu saja hal ini bukan hanya merugikan secara finansial, juga akan menurunkan reputasi si pebisnis jual tanah tersebut. 
Jadi, dalam bisnis jual tanah, perhitungan adalah hal penting sebelum memutuskan membeli tanah untuk kemudian dijual lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar